Kirim Artikel

Sabak.or.id memuat artikel tentang kehidupan di pesantren beserta ruang lingkupnya. Soal ruang lingkup pesantren sangat luas sekali, bisa soal agama, sosial, kebudayaan, hingga tradisi keagamaan di masyarakat. Tidak perlu risau dengan tema-tema itu, yang terkesan berat. Artikel di sabak bisa ringan, bisa berat juga, yang penting ditulis dengan gembira sekaligus menggembirakan.

Panjang tulisan sesuai kebutuhan saja, tidak perlu jadi patokan khusus. Minimal 500 kata. Sedikit, kan?

Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca untuk beberapa rubrik, di antaranya:

———

Artikel. Rubrik ngilmiah, tayang setiap ada yang ngirim. Jika sampean ingin nulis di rubrik ini ya harus ilmiah. Sumbernya jelas dan bisa dipertanggungjawabkan.

Esai. Rubrik reguler, tayang setiap ada yang ngirim. Tulisan esai ini yang penting menarik tentang apa saja, bisa mengenai peristiwa atau isu yang sedang diperbincangkan maupun hal lain yang dianggap perlu untuk dituliskan. Bisa tema sosial, agama, politik, seni, pokoknya terserah. Baiknya sih perspektif penulisnya jelas, sampeyan juga boleh mengungkapkan pengalaman pribadi untuk kepentingan membangun perspektif ini.

Listikel. Tayang setiap ada yang ngirim. Sesuai namanya listikel yang diambil dari Bahasa Inggris listicle artinya lebih kurang daftar. Biasanya artikel jenis ini menuliskan tentang cara-cara menarik, daftar hal-hal menarik. Sampeyan boleh menuliskan listikel ini seperti “3 Cara Tepat Menghafal al-Quran” misalnyaaa… ya misalnya saja. Boleh dikreasikan sendiri.

Kisah. Tayang setiap ada yang ngirim. Kisah-kisah memuat tentang hal-hal unik yang dijumpai, bisa tentang kisah para sahabat, kisah para nabi, kisah para auliya, hingga kisah-kisah antik para tokoh-tokoh dan kiai yang sampeyan jumpai.

Cerpen. Tayang setiap ada yang ngirim. Sampeyan hobi baca dan nulis cerpen? Nah ini kami sediakan rubriknya. Daripada jadi arsip, lebih baik dipublikasikan di Sabak.or.id saja.

Puisi. Tayang setiap ada yang ngirim. Puisi itu …. hmmm. Indah lah pokoknya. Sampeyan kalau suka dengan puisi, bisa nih ikutan di Sabak.or.id

———

Berminat mengirimkan tulisan atau curhat? Berikut syarat dan ketentuannya.

  1. Kirim naskah ke email redaksi ke sabakredaksi@gmail.com dengan subjek sesuai nama rubrik (Artikel/Cerpen/Esai/Listikel/Puisi).
  2. Semua tulisan yang masuk tetap menjadi hak milik kontributor. Jika tulisan layak muat, kami akan segera menghubungi yang bersangkutan.
  3. Kontributor yang karyanya dimuat di Sabak boleh menerbitkan ulang karyanya di tempat atau media lain, minimal satu minggu setelah tayang di Sabak, dengan syarat mencantumkan bahwa karya tersebut pernah dimuat di Sabak.
  4. Jika setelah lima hari karya yang dikirimkan belum mendapat balasan dari kami, penulis berhak menerbitkan atau mengirimkannya ke media lain.
  5. Tulisan dikirim dalam format sudah dicantumkan di bodi email, bukan dalam bentuk dokumen terlampir. Ingat, ya. di bodi email, bukan dilampirkan (attachment)
  6. Sebelum tulisan ditayangkan, Sabak berhak menyunting tulisan kontributor.