Daftar 5 Situs Islam yang Moderat dan Menentramkan


Penulis Qowim Musthofa

Sebagai pembaca aktif media-media daring yang bertebaran di dunia internet, saya ingin berbagi pengalaman tentang situs-situs yang wajib dibaca, bahkan direkomendasikan kepada teman dan sanak saudara. Mengingat, tak semuanya situs yang kita temukan itu bisa dipertanggungjawabkan isinya. Apalagi, isinya yang suka menebar fitnah dan hoaks.

Baiklah. Tak perlu panjang-panjangnya, berikut ini adalah situs-situs islam moderat yang, ketika membacanya kalian akan merasa tentram dan tentunya, selow.

Pertama, islami.co tak diragukan lagi, sesuai dengan tag-line-nya yakni media ramah. Situs ini dipelopori dan dibangun oleh Savic Ali, meskipun ia sering dikafir-sesatkan oleh warganet kadrun alias kadal gurun, namun pesona dari islami.co tidak pernah hilang di berbagai media sosial.

Soal konten, memang spesifik pada kajian-kajian islam, mulai dari hadis, tafsir, kisah para sufi hingga komentar-komentar untuk menanggapi isu sosial-agama. Kontributor dari situs ini tidak main-main, mulai dari skala regional, nasional hingga internasional.

Tak jarang kita temukan artikelnya Gus Nadir, Gus Ulil, hingga Kalis Mardiasih. Nama saya juga pernah nangkring di sana sih, ya meskipun hanya dua atau tiga artikel. Lumayan untuk menandai jejak. Hehehe

Soal tampilan ya. Hmmm. bagi saya pribadi tampilan dari islami.co ini terlalu mbingungi dan mbulet. saya sempat tersesat ketika mencoba untuk mencari-cari kategori yang pas untuk saya minati. Mungkin ini bisa menjadi catatan.

Soal tampilan itu nomor satu, memanjakan pembaca lebih diutamakan daripada memanjakan konten-kontennya. Hehehe.

Sama aja dong, kontennya bagus tapi desainnya mbulet begitu. Walau bagaimanapun, islami.co tetap bagi saya nomor 1 lah.

Kedua. alif.id. situs ini digawangi oleh Hamzah Sahal, menurut teman-teman dan Gus saya, ia adalah alumni Pondok Pesantren Nurul Ummah Yogyakarta. Jadi, tak perlu diragukan lagi soal konten dari alif.id ini, bisa dipastikan adem, ayem dan tentrem.

Sesuai dengan tagline nya, situs ini konsentrasi di bidang kebudayaan islam. Ketika awal-awal membaca situs alif.id saya terpesona dengan kegigihan dan ketekunan admin yang menunggah tulisan setiap hari 3 hingga 5 artikel. Gigih.

Namun, sependek pembacaan saya, lumayan juga hasil dari menyalin artikel-artikel yang sudah tersebar di facebook. Hal ini tak menjadi soal sih jika memang konsisten menunjukkan islam yang ramah dan moderat.

Kontributor dari situs ini kebanyakan adalah dosen dan mahasiswa, yang mempunyai afiliasi dengan NU. Banyak tak perlu disebutkan. Hehehe.

Membaca alif.id adalah jaminan selamat, tak ada konten-konten yang bertema seperti khilafah dan perda-perda syariat, apalagi pancasila bersyariat. Justru, alif.id ini paling getol mengkritik ide-ide khilafah semacam itu.

Ketiga, islamsantun.org wani urip wani santun, begitu tagline dari situs ini. Dibuat atas nama Pusat Kajian dan Pengembangan Pesantren Nusantara (PKPN) IAIN Surakarta. Ini media sangat ramah dan santun baik dari sisi konten maupun cara mendakwahkan islam.

islamsantun.org ini dibuat dan digagas oleh Kiai Abdul Halim dari Madura. Ia dosen Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Yogyakarta yang diutus untuk mengabdikan dirinya di IAIN Surakarta sebagai Dosen ASN. Kiprahnya di media daring dengan menulis di berbagai media, membuat jiwanya merasa terpanggil untuk berpartisipasi di dunia daring.

Kontributor dari situs ini mayoritas adalah dosen dan mahasiswa, seperti Prof. Dr. Abdul Mustaqim, Dr. Alfatih Suryadilaga, Arif Nuh Safri, Syaikh Tajul Muluk dan lainnya. Nama-nama yang saya sebutkan sudah merepresentasikan ide-ide yang ramah dan moderat sesuai dengan semangat wani urip wani santun.

Keempat, sabak.or.id saya sengaja memasukkan sabak karena saya adalah salah satu pendirinya. Tak apa dong. Hahaha. sabak dibuat dengan tujuan merawat sekaligus menjaga tradisi dan pemikiran pesantren. Artikel-artikel yang kami tulis berasal dari lingkup kami sendiri, meskipun beberapa ada dari pembaca setia.

Sabak, sesuai dengan tagline merawat tradisi pesantren masih konsisten mengedepankan dan menjunjung tinggi nilai-nilai pesantren yang sudah diwariskan oleh ulama-ulama para pendiri bangsa.

Situs ini pernah mandeg sebab timnya masih banyak mengajar dan ngaji, jadi kami agak kerepotan untuk mengurus website ini.

Doakan kami semakin istikamah ya.

Kelima, jejakaswaja.com Nah ini yang terakhir salah satu situs Islam yang moderat dan menentramkan pembaca, sebab secara spesifik web tersebut membahas tentang 3 hal yang berkaitan erat dengan agama, yakni Akidah, Syariat dan Tasawuf.

Ya karena jejakaswaja.com ini saya sendiri yang jadi pengasuhnya, jadi ya mau tidak mau harus saya promosikan juga dong. Hehehe. Kunjungi ya, coba dulu, kali aja cocok sama jejak aswaja.

Oke, itulah kelima situs Islam yang moderat dan menentramkan menurut sabak.or.id

0 Response to "Daftar 5 Situs Islam yang Moderat dan Menentramkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel